About This Blog

Lorem Ipsum

Lorem Ipsum

Lorem

Recent Posts

New Templates

Bottom Right

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes

Featured Video

Bajakan merugikan

Anda sering melihat sawah yang luas di beberapa Kawasan area Indonesia bukan ? Pernah kebayang ngga klo kawasan yang segitu luas kita olah dengan mencangkulnya? wah kayaknya bakalan ketinggalan jauh sama larinya semut lek...!!
Untuk mempersingkat waktu pengolahan tanah kita musti menyewa tukang bajak,... ato mesin bajaknya saja, selain lebih singkat biaya dan waktu yang kita keluarkan tidak terlalu amburadul / alias lama.
Tukang bajak ada mereka yang melakukan penggemburan atau pelumatan tanah, untuk di lakukan penaman kembali tanaman setelah panen, dan tukang bajak merupakan salah satu pekerja keras yang gigih, ulet dan telaten,... karyanya adalah hasil jeri payah sendiri. Lah sekarang bagaimana dengan pembajak liar ? Banyak VCD tanpa merek dan label, Hutan pada gundul, perampokan kapal di laut lepas,... besi-besi jempatan suramadu pada hilang... tak lain ini adalah ulah para pembajak yang merugikan sekali. Adanya pembajakan liar di bisa di sebabkan karena keterbatasan wawasan atau atau ilmu atau kreativitas atau guoblok untuk mendapatkan sesuatu secara instant.
Bukan cuma pemusik, penulis buku, atau pencipta karya intelektual lain yang dibajak yang dirugikan, tapi semua orang dalam negara ini juga ikut dirugikan. Sebagai anggota WTO, kita bisa dikenai sanksi yang merugikan negara kita jika pembajakan di Indonesia tetap tinggi.
Pembajakan memang merugikan banyak pihak, utamanya merugikan perekonomian negara. Merasa paling dirugikan, Amerika Serikat pun beraksi dengan menghadang negara pembajak dalam keanggotaan World Trade Organisation (WTO). Kelompok legislatif Amerika Serikat (AS) menunjuk Cina dan Rusia sebagai pembajak yang menyebabkan kerugian terbesar, baik dalam pembajakan film dan musik buatan Amerika atau pembajakan software.
Atas aksi ini, kongres internasional anti pembajakan mensinyalir Cina dan Rusia masing-masing turut bertanggung jawab terhadap kerugian sebesar US$ 4 miliar (US$ 1 = Rp 9.011 Sumber: detik.com) yang dialami AS di tahun 2005, terkait masalah duplikasi materi secara ilegal. "Pembajakan telah merugikan lebih dari 150.000 tenaga kerja serta menyebabkan kerugian pajak penghasilan sebesar US$ 1 miliar," ujar senator demokrat Joseph Biden. Dengan masuknya Rusia ke dalam daftar hitam, maka keanggotaannya dalam World
Trade Organisation (WTO) akan ditahan. Setidaknya hingga pemerintah Rusia memberikan aksi yang lebih untuk mengakhiri 'pencurian' ini. Diketahui, Rusia juga merupakan tuan rumah dari situs 'allofmp3.com' yang diklaim kelompok legislatif AS sebagai salah satu pembajakan musik online terbesar di dunia. Kelompok ini juga menyebutkan Meksiko, Kanada, India dan Malaysia sebagai negara yang sedang dipantau pihaknya dalam aksi pembajakan.
Dikabarkan, Meksiko merupakan negara yang turut bertanggung jawab atas kerugian sebesar US$ 1,2 miliar terhadap AS tahun 2005 lalu, terkait pelanggaran hak cipta. "Pembajakan yang terjadi di negara tersebut merupakan dampak dari kurangnya kekuatan politik dan regulasi dalam menghadapi masalah pembajakan," demikian kelompok legislatif AS menjelaskan dalam pernyataan tertulis, seperti diberitakan Reuters dan dikutip detikINET, Jumat (07/04/2006). (amz/dwn) ( dwn ).
Bagi kita - kita yang saat ini melakukan pembajakan, berupaya dunk untuk membuat karya sendiri... siapa klo bukan kita yang berkarya ?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Alam blogging © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work