About This Blog

Lorem Ipsum

Lorem Ipsum

Lorem

Recent Posts

New Templates

Bottom Right

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes

Featured Video

Pondok Sufi

Pondok Sufi : Pondok yang berada di desa kecil di pinggir sungai yang terkenal dengan julukan POMOSDA.
Ketika berusaha memahami persoalan bangsa dan negara ini ternyata sumber daya manusia menjadi faktor strategis penentu keberhasilan pembangunan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Pengembangan dan kemapanan sumber daya manusia sangat tergantung kepada sistem pendidikan dan kemampuan pengenalan diri pribadinya.
Seluruh komponen bangsa wajib mencerdaskan kehidupan bangsa, yang merupakan salah satu tujuan negara Indonesia. Bangsa Indonesia perlu mewujudkan visi pendidikan nasional sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia menjadi manusia yang berkualitas, sehingga mampu menjawab tuntutan zaman.
Perlu dipertegas bahwa selain sistim pendidikan, yang akan mampu mengembangkan dan memapankan sumber daya manusia adalah kemampuan mengenal jati dirinya. Pengenalan jati diri sebagai komponen bangsa telah termaktub dalam Pancasila dan UUD 1945. Pengenalan jati diri sebagai hamba Tuhan memerlukan sistematika dan disiplin keilmuan tersendiri, sehingga memerlukan sebuah metode dan dengan pendekatan yang khusus.
Paradigma pendidikan yang berorientasi pada kemapanan moral dan mental dengan berbasis ketauhidan merupakan esensi pengembangan sumber daya manusia. Sehingga wawasan, ilmu pengetahuan, teknologi, ketrampilan dan bahkan kecerdasan yang dimiliki berlandaskan dan berorientasi ke-ilahi-an.
Oleh karenanya institusi POMOSDA (Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa) dalam penyelenggaraan pendidikannya menggabungkan sistim pendidikan secara umum (menurut UU No 20 SISDIKNAS) dengan sistem Kepondokan yang sudah membudaya di Indonesia ini, khususnya Jawa.
Institusi POMOSDA didirikan oleh Bapak K.H. Mohammad Munawwar Afandi, yang berada dalam badan hukum Yayasan Lil Muqorrobien dengan akte notaris nomor : 05 Tanggal 22 Oktober 1995. Dan dalam yayasan ini bernaung pula PONDOK SUFI dan GERAKAN JAMAAH LIL-MUQORROBIN yang Cabang dan Rantingnya hampir merata ke seluruh tanah air.

Lingkup program :

  • Membuat model sekolah dari tingkat prasekolah sampai tingkat perguruan tinggi dengan penyertaan nama POMOSDA (Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa) yaitu: TK POMOSDA, SMP/MTs POMOSDA, MA/SMU POMOSDA dan STT POMOSDA.
  • Program pelayanan masyarakat dengan menyelenggarakan program kemandirian program pendidikan dan pelatihan kerja BLK POMOSDA dan LPK POMOSDA.
  • Proses pembelajaran untuk tingkat SMP dan SMU merupakan program terpadu kesatuan system pondok dan system madrasah/sekolah yaitu dengan semua siswa/siswi/santri berasrama, mengintegrasikan model pendidikan keluarga, pendidikan lingkungan, pendidikan diri sendiri serta pendidikan regular.
  • Melaksanakan program minat dan bakat ketrampilan/vokasional skill bagi siswa/santri.
  • Melaksanakan program pemahaman, pengkajian, pendalaman dan pelaksanaan serta penghayatan beragama dengan melakukan kajian tasawuf, filsafat, fiqih, akidah dan akhlaq.
  • Program kegiatan anak asuh dari siswa/santri orang tua kurang mampu.
Selanjutnya . . .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Alam blogging © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work