About This Blog

Lorem Ipsum

Lorem Ipsum

Lorem

Recent Posts

New Templates

Bottom Right

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes

Featured Video

Jaringan Ethernet Belum Tergantikan Wireless


Kendati merepotkan karena mensyaratkan instalasi jaringan kabel, teknologi Ethernet ternyata tidak kunjung tenggelam digilas teknologi jaringan nirkabel WiFi (wireless fidelity).

Terbukti, firma riset International Data Corp (IDC) menemukan, belanja switch dan router Ethernet di dunia ternyata terus meningkat. IDC mengungkapkan, pendapatan pasar global switch Ethernet pada kuartal kedua (April–Juni) 2010 meningkat 32,7 persen per tahun.

Pada periode yang sama, pendapatan pasar global routerEthernet meningkat 11 persen per tahun. IDC menegaskan,pertumbuhan tersebut terjadi secara merata tadi seluruh segmen dan wilayah di dunia. IDC pun mengaku tidak terkejut melihat pertumbuhan pesat tersebut. Alasannya, industri switch dan router Ethernet global sudah bertumbuh pesat pada kuartal pertama (Januari–Maret) 2010.

“Kinerja kuartal kedua didorong oleh kinerja kuartal pertama. Pada kuartal pertama 2010, pasar global switch dan router Ethernet melambung tinggi karena perekonomian global pulih dari resesi pada 2009,”ujar Director Enterprise Communications Infrastructure IDC Rohit Mehra.
IDC mencatat, pada kuartal pertama 2010 pendapatan global switch Ethernet meningkat 35,3 persen per tahun. Pada periode yang sama, pendapatan global router Ethernet meningkat 15,1 persen per tahun. Kinerja tersebut mengejutkan IDC karena pasar global Ethernet umumnya melemah pada kuartal pertama.

“Kuartal pertama 2010 sangat berbeda karena pada periode tersebut pasar Ethernet umumnya dilanda kelesuan musiman. Tetapi, pasar global Ethernet pada kuartal pertama 2010 bertumbuh pesat karena aplikasi-aplikasi jaringan seperti VoIP (voice over internet protocol) dan konferensi video online menjadi semakin populer.

Pada Juni 2010, IDC memperkirakan, pasar global Ethernet pada 2010 akan melemah karena terdesak oleh pasar WiFi, yang digunakan untuk membangun jaringan nirkabel atau wireless local area network(WLAN).

Meski demikian, tingginya permintaan switch dan router Ethernet pada kuartal pertama dan kedua 2010 menyiratkan, Ethernet dan WiFi akan hadir berdampingan hingga beberapa tahun mendatang. Dibandingkan pasar WLAN, pasar Ethernet ternyata juga mampu meraih pertumbuhan pendapatan tidak kalah tinggi.

IDC memperkirakan, pasar global WLAN akan mampu meraih pendapatan USD2,1 miliar pada 2010, alias meningkat 23 persen dari USD1,7 miliar pada 2009. Terpisah, firma riset Dell’Oro Group memperkirakan, pendapatan global WLAN pada 2010 akan sanggup menembus USD5,5 miliar.

Artinya, pasar tersebut akan mampu menumbangkan rekor pendapatan tertinggi yang diraih pada 2008, sebelum dunia dilanda krisis finansial.

“Pada 2009,belanja peralatan jaringan WLAN melemah akibat krisis.Tetapi ketika kepercayaan terhadap kondisi perekonomian sudah memulih pada 2010,maka kami memperkirakan konsumen dan perusahaan akan kembali berbelanja peralatan jaringan WLAN,”ujar Senior Analyst Wireless LAN Research Dell’Oro Group Loren Shalinsky.

Dell’Oro mencermati, pasar global WLAN sesungguhnya sudah menunjukkan indikasi pemulihan pada kuartal keempat (Oktober– Desember) 2009.Sebab pada periode tersebut, volume penjualan global peralatan jaringan WLAN mampu menembus rekor tertinggi dalam sejarah, yaitu 18 juta unit per kuartal.

Akan tetapi, Dell’Oro menegaskan, tanda pemulihan itu masih lemah karena kuartal keempat secara tradisional adalah musim belanja besar-besaran dan para produsen pun menggelontorkan diskon serta promosi besar- besaran untuk mendongkrak volume penjualan.
“Volume penjualan global peralatan jaringan WLAN pada kuartal keempat 2009 melambung dramatis. Namun, pendorong utama pertumbuhan pesat itu adalah diskon dan promosi agresif yang ditawarkan para produsen utama seperti Motorola Inc dan D-Link Corp.

Dell’Oro menambahkan,indikasi pemulihan pasar global peralatan jaringan WLAN menjadi semakin kuat ketika pada kuartal pertama (Januari-Maret) 2010 pasar tersebut kembali meraih pertumbuhan pendapatan, yaitu 20 persen per tahun.

“Pada kuartal pertama, pendapatan global pasar peralatan jaringan WLAN umumnya mencapai titik terendah, seperti yang sudah kami pantau sejak 2002. Tetapi khusus untuk kuartal pertama 2010, pendapatan global industri tersebut ternyata meningkat pesat.

Karena yakin pasar global peralatan jaringan WLAN sudah memulih, Dell’Oro memperkirakan, industri tersebut akan terus bertumbuh pesat hingga lima tahun mendatang. Dell’Oro memprediksi, pendapatan global pasar peralatan jaringan WLAN akan sanggup menembus USD7 miliar pada 2014.

“Pasar peralatan jaringan WLAN global akan terus tumbuh pesat karena konsumen semakin agresif membeli alat-alat elektronik yang memerlukan akses Wifii seperti netbook, e-reader, smartphone, dan komputer tablet.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Alam blogging © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work